IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia

Pelepasan KKN-PPM Angkatan 44 UMBY: Pengabdian, Perlindungan, dan Harapan


Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) melalui Pusat Penelitian, Pengabdian Masyarakat, dan Kerjasama (P3MK) kembali menyelenggarakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) – Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat (PPM). Pelaksanaan KKN PPM UMBY angkatan ke-44 tahun 2024 ini secara offline di lapanngan mulai dari 18 Januari – 17 Februari 2024.

Seremoni pelepasan KKN-PPM angkatan 44 UMBY, yang melibatkan 709 mahasiswa, digelar di halaman Gedung Rektorat Kampus I UMBY di Jalan Wates, Sedayu, Bantul, pada Rabu (17/1/2024). Dr. Agus Slamet, Rektor UMBY, menyampaikan bahwa kerjasama dengan BPJS Ketenagakerjaan bertujuan memberikan perlindungan kepada mahasiswa dan seluruh civitas akademika di kampus. Meskipun diharapkan tidak perlu digunakan, kampus tetap mengantisipasi kemungkinan yang dapat terjadi pada mahasiswa yang sedang menjalankan program pengabdian masyarakat.

Dr. Ir. Agus Slamet STP MP MCE, Rektor UMBY, berharap agar seluruh peserta KKN-PPM UMBY dapat menjaga kekompakan dalam kelompok masing-masing. Kekompakan dianggap sebagai salah satu faktor pendukung keberhasilan pelaksanaan program di lokasi KKN. Ada 34 kelompok KKN Reguler yang berada di Kecamatan Semanu yaitu :
  • Kelompok 2-11 di Pacarejo, Semanu, Gunungkidul
  • Kelompok 12-18 di Candirejo, Semanu, Gunungkidul
  • Kelompok 19-35 di Desa Semanu, Gunungkidul
Kelompok reguler lain di Rongkop, Tematik di Kota Jogja dan Mandiri/Penugasan Khusus di Bantul dan Sleman.

“Selain itu, peserta KKN-PPM diharapkan dapat menjaga nama baik diri sendiri dan UMBY, serta mematuhi peraturan, ketentuan, dan adat-istiadat di lokasi KKN masing-masing,” ujar Agus Slamet.

Selama pelaksanaan KKN-PPM angkatan 44 UMBY, dari 18 Januari hingga 17 Februari 2024, yang juga berlangsung menjelang Pemilu, peserta diingatkan untuk tidak membawa nama parpol, caleg, calon DPD, atau capres.

Rektor UMBY menambahkan bahwa seluruh mahasiswa peserta KKN UMBY telah mendapatkan asuransi kesehatan. Meski demikian, mereka tetap diimbau untuk menjaga kesehatan dengan sebaik mungkin agar dapat melaksanakan kegiatan KKN dengan lancar.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Wakil Rektor Bidang Akademik, Ir. Wafit Dinarto MSi MCE, Wakil Rektor Bidang SDM, Tutut Dewi Astuti SE MSi Ak CA CTA ACPA MCE CTFAIA, dan sejumlah Dekan Fakultas di UMBY. Hadir juga Kepala P3MK UMBY, Ir. Setyo Utomo MP, Koordinator KKN-PPM, Luky Kurniawan SPd MPd, serta 25 Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) KKN-PPM angkatan 44 UMBY.

Menurut Setyo, KKN-PPM angkatan 44 UMBY terbagi menjadi empat jenis, yaitu Reguler, Tematik, Mandiri, dan Penugasan Khusus. Mayoritas peserta berada dalam kategori Reguler dan ditempatkan di Rongkop serta Semanu Gunungkidul.

Peserta KKN-PPM juga diingatkan untuk memberikan kontribusi positif di masyarakat, termasuk membantu menyelesaikan permasalahan di lokasi KKN masing-masing. Diharapkan bahwa semua peserta dapat menjalankan pengabdian di masyarakat dengan baik, terutama peserta KKN-PPM Reguler yang ditempatkan di desa-desa terpencil. Salah satu peserta KKN-PPM Tematik, Nadira Shafia, menyatakan tekadnya untuk menjalankan program kerja dengan sebaik-baiknya, misalnya dengan membantu memperkenalkan UMKM secara online di Pasar Klithikan Kuncen.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url
IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia
IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia