IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia

BUMKal Mahanani: Inisiatif Desa untuk Kemudahan Transaksi dan Pengembangan Ekonomi

Telan Biaya Ratusan Juta, BUMKal Mahanani Resmi Didirikan untuk Mempermudah Transaksi Masyarakay. Semanu, (gunungkidul.sorot.co) - Badan Usaha Milik Kalurahan (BUMKal) Mahanani di Kalurahan Dadapayu, Kapanewon Semanu, Kabupaten Gunungkidul kini telah resmi beroperasi. Kehadiran BUMKal Mahanani bertujuan untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam melakukan transaksi.

Lurah Dadapayu, Nanang Arianja, menjelaskan bahwa BUMKal ini telah diresmikan sejak tanggal 15 Januari 2024 oleh Wakil Bupati Gunungkidul, Heri Susanto, pada perayaan Hari Jadi Kalurahan Dadapayu.



Pendirian BUMKal Mahanani ini melibatkan anggaran sebesar Rp 360 juta yang digunakan untuk penyertaan modal dan pembangunan gedung. Dana modal awal sebesar Rp 60 juta sudah diserap sejak tahun 2019.

"Dari awal Rp 60 juta pada tahun 2019, dan kemudian sekarang ini Rp 300 juta untuk penyertaan modal," ungkap Nanang Arianja pada Rabu (07/02/2024).

Saat ini, BUMKal Mahanani telah mulai melayani berbagai jenis transaksi pembayaran seperti listrik, pajak, air, dan lainnya. Selain itu, usaha fotokopi, alat tulis kantor (ATK), serta penjualan bibit tanaman buah juga tersedia di BUMKal ini.

"Pada hari kemarin, ada 500 bibit tanaman buah yang dipesan oleh masyarakat dan saat peresmian, bibit tanaman tersebut sudah didistribusikan," ujar Nanang Arianja.

Info Video Persemian


Ia berharap keberadaan BUMKal ini akan memudahkan masyarakat dalam melakukan transaksi. Selain itu, pendapatan yang dihasilkan dari kegiatan BUMKal ini akan menjadi Pendapatan Asli Desa (PAD) yang nantinya akan kembali bermanfaat bagi masyarakat. 

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url
IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia
IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia